ngenet dapet duit disini

Powered By Blogger

Senin, 08 Juni 2009

Asyiknya bermain FUTSAL

Futsal sepakbola ‘mini’ ini sekarang sedang mewabah dimana-mana.. nggak cuma mahasiswa karyawan anak sekolah bahkan dari kalangan selebritis pun menggemari olahraga yang satu ini. Lapangan futsal pun kini kian menjamur dan tak jarang pula kompetisi futsal digelar. Futsal juga bisa menjadi olahraga alternatif bagi warga perkotaan yang kesulitan mendapatkan lapangan sepakbola yang luas. Tidak hanya mengasyikkan olahraga ini juga bisa menyehatkan tubuh..

Seiring dengan makin banyaknya penggemar olahraga ini membuat tempat penyewaan lapangan futsal pun mulai menjamur dan mudah ditemui. Penyewaan lapangan futsal pun kini menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Harga yang ditawarkan pun beragam dan makin kompetitif harga sewanya sekitar Rp. 80 ribu hingga Rp. 300 ribu per jam tergantung waktu penggunaannya. Tentu saja kita bisa membayar secara kolektif dengan anggota satu tim untuk menyewa lapanagn futsal.

Asal kata futsal..

Kata Futsal berasal dari bahasa Spanyol yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan) yang jika digabung artinya menjadi “Sepak Bola dalam Ruangan”.

Sejarah futsal…

Permainan ini berasal dari Montevideo Uruguay. Waktu itu sekitar tahun 1930 Juan Carlos Ceriani menyelenggarakan kompetisi sepak bola untuk kalangan remaja. Hanya saja jumlahnya terbatas masing-masing tim terdiri dari 5 pemain (termasuk penjaga gawang). Tempatnya pun di lapangan basket yang beralaskan partikel kayu bukan rumput seperti sepak bola pada umumnya. Dari sinilah olahraga ini terus meluas ke berbagai Negara.

Manfaat bermain futsal

Banyak sekali manfaat olah raga ini diantaranya antara lain:

- Melatih kecepatan

Berbeda dengan permaianan sepakbola yang sesungguhnya. Meski aturan permainannya hampir sama dengan sepakbola namun ukuran lapangan yang digunakan lebih kecil. Karena ruang gerak yang sempit itulah futsal yang merupakan sepakbola ‘mini’ ini mengharuskan kecepatan dalam bermain baik dalam passinggerak tipu maupun shooting.

- Ketangkasan

Dalam bermain futsal kita dituntut untuk lebih berimprovisasi dan siap mental dalam menghadapi bola-bola kencang. Karena kick and rush dalam olahraga futsal cepat sekali. Spontanitas dalam membuat suatu keputusan juga menjadi kelebihan dalam olahraga ini.

- Teknik dan strategi bermain

Futsal merupakan permainan cepat dengan umpan-umpan pendek yang berbeda dari sepak bola lapangan besar sehingga harus lebih banyak berpikir.

Satu hal yang juga perlu diperhatikan dalam olahraga ini adalah kelengkapan kostum terutama sepatu pemanasan sebelum bermain dan pendinginan setelah bermain futsal.

baca juga di link blog saya yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Forum

[URL=http://idr-clickit.com/register.php/bsoeroso.html][IMG]http://idr-clickit.com/banner1.png[/IMG][/URL]

Demo

Demo
" Salah satu bentuk aspirasi yang disampaikan melalui aksi demo Karyawan ADAM AIR "

" Situasi yang tidak seimbang sehingga masyarakat juga memberikan aspirasi lewat aksi demo "

KOMPAS.com

focusindosukses.com